Blogs

MEMPERJUANGKAN YANG IDEAL JUGA TURUT MENGORBANKAN SESUATU YANG AKAN MENGURANGI NILAI IDEAL KESELURUHAN {EXPANDING THE IDEAL ALSO SACRIFICES SOMETHING THAT IT CAN REDUCE THE ENTIRE OVERALL IDEAL VALUE}

Post Aft

Hal Setelah Cukup

FacebookTwitterLinkedInShare
 

Kata seseorang diriku terlalu banyak mikir ada benarnya juga. Katanya diriku kurang bersenang-senang juga benar. Katanya daku kurang makan enak ya ada benarnya; apa sih yang tidak bisa kita benarkan yang dikatakan orang lain namun tidak terlalu penting kita pikirkan karena diri yang telah ditemukan kayaknya tidak ada deh! Jadi semua yang di luar diri boleh benar selama kita tahu apa yang kita ingin tuju.

Aku terus bergerak, tetapi seperti kebiasaanku juga terus mempertanyakan yang telah dan sedang kulakukan. Seandainya dana-dana yang aku buang untuk memperjuangkan gagasanku kupakai untuk berlibur, mungkin sudah banyak dunia aku jelajahi. Begitukah?

Kadang begitu yang kupikirkan kalau sedang ketemu sebuah destinasi yang memikat hatiku saat berselancar di dunia maya seperti foto pantai Maldives. Dibandingkan laut, aku memang lebih suka gunung, karena di gunung ada kehidupan sedangkan di laut hanya ada kematian bagiku, tetapi mengapa aku pernah begitu ingin ke Maldives dan tidak melakukannya?

Kadang aku juga cemburu dengan kawan-kawan yang berlibur bersama keluarga atau pasangan mereka. Lalu mengapa aku tidak melakukan hal yang sama?

Atau yang kupikirkan, setidaknya uangku bisa kupakai untuk membeli keperluan manusia umum seperti televisi datar lengkap peralatan suaranya, mobil, kabinet dari jati, motor China yang seperti sepeda, rumah, tanah dan ya macam-macam keperluan manusia umum itu terus dijual dan bisa saja salah satunya juga menggoda. Apa aku tidak pernah tergoda tetapi mengapa tidak aku lakukan bukankah apalagi aku tidak memilikinya satu pun dari itu?

Jika 20 tahun lalu, aku mungkin akan gelisah kalau kulitku pecah-pecah dan uang akam kutabung terus agar bisa ke Maldives. Oh ya kuingat dulu sekali aku pernah mengatakan kepada dokter jantungku suatu hari aku akan kembali datang memeriksa jantungku dan apabila saatnya telah tiba maka itu menandakan aku telah berhasil memenuhi hasratku mengunjungi Machu Pichu.

Malam ini (suatu malam), aku memikirkan hal ini; bahwa pasca seseorang mengalami tahap cukup adalah cukup benarkah membuat kita tidak banyak mau lagi? Pada fase berikutnya setelah cukup benarkah manusia mulai mencari hal-hal ideal? Hal-hal ideal maksudnya yang lebih mempunyai daya tahan lama dan sarat nilai.

Tentang liburan lagi, aku tidak begitu yakin masih butuh ke Maldives atau ke Machu Pichu atau kemanapun (aku sudah tahu itu dan selalu begitu jawabannya kalau muncul pertanyaan); liburan dalam konteksi ini bukanlah hal ideal karena tidak akan pernah ada destinasi yang mampu memenuhi gelas hasrat, seorang pelesir mana cukup pergi ke satu tujuan saja; seindah dan selezat apapun kalau sesuatu dimasukkan di gelas kecukupan tetap akan tumpah sia-sia; rupanya setelah mengalami level cukup adalah cukup memberikan pengertian bahwa hidup yang untuk diri ini memang hanya cukup kejadian per hari dan per detik ini. Apapun itu sudah cukup! Urusan lain sama sekali atau jarang sekali akan menjadi sebuah obsesi lagi.

Orang-orang yang sudah selesai dengan dirinya adalah orang-orang yang akan memberikan manfaat sangat besar bagi kebahagiaan publik. Pelayanan masyarakat atau mengabdi untuk kebahagiaan ruang publik menjadi salah bidang yang akan ditekuni. Tetapi memperjuangkan gagasan publik akan membuatmu sangat menderita karena kau tidak bisa menegasikan diri dan segala dinamikanya termasuk kau adalah makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri yang masih kadang kala sedih, lelah dan galau. Ada orang-orang sekitarmu yang masih membutuhkan dirimu juga seandainya kau tidak butuh lagi menyenangi dirimu; hanyalah kerelaan dan ketulusan luar biasa besar bisa mengimbanginya sehingga kebahagiaan itu sudah dipetik duluan jauh sebelum penderitaan itu datang menghadang.

Hal setelah cukup orang akan mencari hal-hal ideal, tetapi memperjuangkan yang ideal juga turut mengorbankan sesuatu yang akan mengurangi nilai ideal keseluruhan.

 

PENTING! SEMUA INFORMASI SITUS DILINDUNGI UU. LIHAT SYARAT & KETENTUAN PEMAKAIAN

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.