Blogs

TIDAK ADA YANG TERLALU IDEALIS YANG ADA PENYESUAIAN-PENYESUAIAN SEHINGGA YANG IDEALIS MENJADI TIDAK IDEALIS LAGI {NO ANY TOO IDEALISTIC. IDEAL IS NOT IDEAL ANYMORE BECAUSE OF COMPLIANCE}

Post Ideal

Sok Idealis

FacebookTwitterLinkedInShare
 

Ada yang bertanya kepadaku mau tidak menerima uang korupsi untuk mendanai program-programmu? Jawabku kalau program untuk membuat pabrik narkoba atau program membuka rumah bordil bagiku NOPROB. Apa bedanya aku dengan dia aku balas bertanya.

Seumpama untuk membiayai program perternakan bebek mau tidak tanya dia lagi. Aku jawab dengan bertanya kembali bebeknya rasa apa? Rasa Arab atau lokal? Kalau lokal aku berpikir 50 kali kalau ras Arab aku berpikir 25 kali. Kok bisa tanyanya lagi karena aku memperjuangkan kelokalan bukan kearaban jawabku.

Terus ia masih belum mau berhenti bertanya dan ia bertanya lagi kalau program pemberdayaan masyarakat mau tidak? Ini kan sesuai dengan perjuanganku dan cita-cita hidupku untuk membantu kelompok kecil apalagi investor setuju kalau program itu dilakukan di lereng gunung Sindoro Sumbing. Bukankah itu adalah janji hatiku kepada masyarakat sana. Dan dia dengar aku cukup stres karena tidak ada dana. Bagaimana cita-citaku bisa terwujud sementara aku semakin tua dan lemah. Ini memang uang hasil korupsi tetapi sudah turunan keberapa karena sudah dicuci berulang-ulang dengan berbagai bisnis dan terakhir jatuh ke tanganku. Karena dia tahu aku orang yang sangat idealis dan kalau dia tidak beritahu sejak awal sumber dana tersebut dan bila suatu hari diriku mengetahuinya maka aku pasti akan menyesal. Karena aku adalah sahabat baiknya maka dia mau aku mendapatkan apa yang kucita-citakan jadi dia bicarakan yang sebenarnya. Tetapi ingat mungkin aku hanya akan menjadi tukang ide tanpa bisa mewujudkannya. Ingat investor itu melakukan korupsi sudah lama. Ia sudah bertobat, sekarang hidup saleh dan banyak berbuat amal untuk orang-orang susah. Dia juga orang gereja. Kalau aku tidak mau aku terlalu idealis, sok idealis. Pokoknya NAIF katanya.

Setelah mendengarkan uraiannya yang panjang lebar…

Jawabku karena ia sudah memberitahukan semuanya kini aku akan memberitahukan segalanya juga. Apa yang ia bicarakan itu adalah apa yang telah aku bicarakan kepada diriku dan semua itu sudah final dalam diriku! Aku bukan tidak mau tetapi aku tidak bisa! Program sosial bukanlah soal ORANG LAIN tetapi soal DIRIKU! Untuk apa kemenangan itu kalau di dalam diriku ada yang pecah? Inilah yang tidak bisa kulakukan. Tidak ada yang peduli dengan diriku apakah aku seorang pecundang walau aku telah menyumbang ratusan juta karena orang akan terus memuji apa yang terlihat bukan apa yang tidak terlihat. Hanya diriku yang bisa mengetahui yang tidak terlihat yang ada di dalam diriku. Ini memang menyakitkan untuk cita-cita yang mempunyai ukuran standar tentang sebuah kesuksesan. Aku tahu aku akan banyak dikenal orang, dieluk-elukkan, dipuja-puji dan tiba-tiba aku diundang bicara dimana-mana, diwawancarai, diberi jutaan jempol dan komentar namun itu sangat menjijikkan dan membuatku cepat lelah. Coba kalau saja satu juta orang memberiku “like” maka sebanyak satu juta dikali abc..xyz..akan menjadi perhatianku padahal dibalik itu aku tahu siapa aku. Dan ketika aku bicara ke seminar-seminar tentang pentingnya “integritas” dan sebelum keluar kata “intergritas” di leherku seperti ada sesuatu mencegat mulutku wajahku terdistorsi aneh. Bagaimana aku pandai menyembunyikannya aku akan tetap mengetahui yang ada di dalamku sampai aku menutup mata.

Setelah uraianku yang juga panjang lebar…inilah pemikiran emas itu:

Ini bukan tentang sok idealis atau terlalu idealis tetapi idealnya memang ini!

Idealis menyakitkan cita-cita karena ada harapan yang harus dihidupkan agar kau tetap hidup! Seorang idealis dalam mimpi-mimpi mungkin adalah bagian dari mimpi itu.

idealis sangat menyakitkan tetapi membebaskan!

Apa sih ideal itu emangnya? Tidak ada yang terlalu ideal yang ada penyesuaian-penyesuaian. Ideal itu yang ideal titik! Sisanya pilihan-pilihan.

Ini soal pilihan kok! Dari kosong kembali ke kosong!

 

PENTING! SEMUA INFORMASI SITUS DILINDUNGI UU. LIHAT SYARAT & KETENTUAN PEMAKAIAN

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.